MEMBUAT TEKS BERJALAN

28 10 2009

Membuat efek Marquee

Sebelum ane kasih tau cara membuat teks berjalan atau “MARQUEE” ane kasih tau dulu apa itu “MARQUEE”. Marquee adalah program HTML yang di gunakan untuk membuat teks berjalan, bergerak ke kanan kekiri, ke atas ke bawah. Marquee ini di buat dengan menggunakan tag <marquee>…</marquee>.

Ni dia Atribut yang di gunakan :

  • BGCOLOR=”warna” –> Untuk mengatur warna background (latar belakang) teks
  • DIRECTION=”left/right/up/down” –> Mengatur arah gerakan teks
  • BEHAVIOR=”scroll/slide/alternate” –> Untuk mengatur perilaku gerakan
  • SCROLL –> teks bergerak berputar
  • SLIDE–> teks bergerak sekali lalu berhenti
  • ALTERNATE –> teks bergerak dari kiri kekanan lalu balik lagi ( bolak-balik bo)
  • TITLE=’pesan” –> Pesan akan muncul saat mouse berada di atas teks
  • SCROLLMOUNT=”angka” –> mengatur kecepatan gerakan dalam pixel, semakin besar angka semajin cepat gerakannya.
  • SCROLLDELAY=”angka” –> Untuk mengatur waktu tunda gerakan dalam mili detik
  • LOOP=”angka|-1|infinite” –> Mengatur jumlah loop
  • WIDTH=”lebar” –> Mengatur lebar blok teks dalam pixel atau persen

Ni contohnya ane kasih :

Contoh marquee dengan gerakan dari  kanan ke kiri :

<marquee align=”center” direction=”right” height=”200″ scrollamount=”2″ width=”30%”> Tulis disini, apa aja dah</marquee>

Contoh marquee dengan gerakan ke bawah :

<marquee direction=”down”>Tulis disini, apa aja dah</marquee>

Bisa di lihat pada blog saya yang lain di M.K Widianto’s Blog

Begitulah kira-kira penjelasan yang ane berikan,, semoga bermanfaat walaupun telambat..

Terus berkarya sob :)

About these ads

Actions

Information

3 responses

15 06 2010
poer

bisa bro… thanks, kalo nambahi sticket, sama ganti font gimana?

2 05 2011
azis

gi mna kk

30 05 2011
Widian

gmna apa tu kk?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: